Update COVID 19, 1 PDP di Jeneponto Terdeteksi Positif Corona

indonesiasatu, 19 Apr 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JENEPONTO - Satu orang pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lanto Daeng Pasewang Kabupaten Jeneponto terdeteksi positif Covid 19 (Virus Corona).

Pasien tersebut diketahui inisial SM (23). Dia, seorang karyawati disalah satu swalayan di pelabuhan Kota Makassar dan menetap sementara di kota Makkassar Sulawesi Selatan

Namun, yang bersangkutan (SM) merupakan warga kampung Cinong, Kelurahan Tonrokassi Timur, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto.

Hal itu diungkapkan oleh Plt. Kasubag Humas Protokoler Setda Kabupaten Jeneponto, Mustaufiq melalui Grup Humas Pemda & Jurnalis pada Minggu, (19/04/2020).

Taufiq menjelaskan, sebelumnya pasien tersebut seminggu yang lalu mengalami keluhan dengan gejala batuk, demam dan sakit pada tenggerokan dan masuk di RS Lanto Daeng Pasewang Jeneponto pada,14 April 2020.

"Sehingga dilakukan pemeriksaan RDT ( Rapid Diagnostik Test ) hasilnya Positif, sehingga yang bersangkutan dirawat di ruang isolasi dengan status Pasien Dibawa Pengawasan (PDP)," katanya.

Dan pada hari itu juga, dilakukan pemeriksaan Swab oleh Tim TGC, selanjutnya dikirim ke laboratorium kesehatan di Makassar. Hal tersebut dilakukan cepat. Karena, yang bersangkutan datang dari wilayah masuk pada zona merah cluster Makassar.

"Yah, pada Sabtu, 18 April 2020 dini hari, pihak LabKes melaporkan hasil Swab pasien "POSITIF" dan berdasarkan advis Tim dari Makassar yang bersangkutan harus segera dirujuk ke RS Labuang Baji Makassar sebagai RS rujukan Covid 19," ucap Kabag.

Lebih lanjut, Tim TGC sudah kordinasikan dengan pihak RS dan sabtu dini hari langsung dirujuk dengan standar SOP Covid 19.

Menyikapi hal tersebut sudah dilakukan langkah langkah yang akan diambil oleh Tim Gugus Tugas dan In sya Allah, Minggu 19 April 2020, Tim TGC akan melakukan treching kepada semua keluarga dan lingkungan di tempat tinggal yang bersangkutan.

"Jadi tim gugus tugas akan melakukan identivikasi kontak erat dan kontak longgar dan dilakukan pemeriksaan RDT pada kontak longgar dan Swab (PCR) pada kontak erat mulai orang tua, saudara dan yang pernah kontak langsung," katanya.

Selain itu, juga dilakukan isolasi mandiri ke 14 perawat dan dokter yang menangani yang bersangkutan dengan interval waktu hingga 14 hari kedepan terhitung mulai hari ini. Intervensi lapangan oleh Tim TGC akan menggunakan SOP penangan Covid.

Sehubungan hal ini, pihaknya menghimbau kepada masyarakat Jeneponto agar tetap tenang, namun harus waspada dengan terdapatnya satu kasus yang cluster asalnya dari Makassar.

Dia meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar menjalankan himbauan pemerintah untuk tidak berkumpul, batasi jarak atau social distancing dan tetap menggunakan masker serta cuci tangan setiap datang dari bepergian.

"Saya berharap agar perketat pemantauan dan pengawasan bersama keluarga, tetangga, disekitar kita dan cepat melaporkan ke tim gugus atau pemerintah setempat untuk kita lakukan pemantauan dan pemeriksaan," harap Mustaufiq.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu